Facebook Twitter NewsFeed
Beriklan Teks Disini
Recommended Post Slide Out For Blogger

Tuesday, January 17, 2012

Teknik membuat Video sederhana




[trik] Teknik Membuat Video Sederhana


apakah agan Kepengen Nyoba Bikin Film/Video Sendiri?
Tapi Gapunya Alatnya? Gampang kok. sebenernya Kamera HP sama MovieMaker aja cukup, tapi hasilnya bakal kurang maksimal.

Sekedar Cerita ane nih, Kalo di SMPN 1 Jakarta Masalah bikin Film/Video itu biasanya udah menjadi tugas. Jangan Berpikir Filmnya itu Kayak Sinetron gajelas atau Film-Film Bioskop gitu. Filmnya itu Film kecil-kecilan. Contohnya, Disuruh Berwawancara, dan Pernah Juga membuat dokumentasi tentang Bullying, dll oke lets go deh kita mulai belajar trik-trik membuat video kecil-kecilan..

Tapi sebelumnya, cekidot dulu neh contoh video ane:

nah, sebelum memulai membuat video, ane tunjukkin dulu nih jenis-jenis program yang bagus buat bikin video alias videostudio-nya.

Spoiler for Corel Video Studio Pro X3
1 pics inside (max: 496x360)

Corel Video Studio X3
ini dia gan, video studio yang cuocok buat para editor newbie, penggunaannya mudah n' disediakan template dan music dasar jadi gaperlu nyari-nyari lagi


Spoiler for Corel Video Studio Pro X4
1 pics inside (max: 520x385)

Corel Video Studio X4
lho, apa bedanya gan sama X3? kalo di X4, sistem edit sedikit lebih expert, tapi kalo udah mahir X3 bolehlah menjajal X4 karena bisa bikin video 3D 


Spoiler for Adobe Premiere CS5

Adobe Premiere CS 5
Adobe Premiere nih gan, penggunaannya gak terlalu ribet kok, cocok juga buat para newbie


Spoiler for Pinnacle Studio 12

Pinnacle Studio 12
ini dia video editing tools yang paling expert, penggunaannya agak ribet tapi kalo udah mahir dijamin video buatannya punya nilai plus dibanding dengan menggunakan videostudio lain


Buat Link Downloadnya ane gapunya gan, ane lebih suka beli langsung ke Mangga Dua daripada harus nunggu berjam-jam download 

Nah, Setelah selesai memilih Video Editing Tools yang agan mau, marilah kita persiapkan alat-alat yang dibutuhkan

Spoiler for Alat Pertama

PC/Laptop
tentu aja ini yang paling penting gan, harus disesuaikan sama spesifikasi Program-Program yang agan pasang, recommended ane sih minimal 2.0 GHz keatas dengan RAM minimal 2 GB


Spoiler for Alat Kedua

Digital Camera/Handycam
ane reccomend Handycam gan, karena lebih bagus buat shooting video. kalo gapunya atau males beli karena kemahalan agan bisa make kamera digital yang bisa ngeshoot video, yang pasti cari yang HD, biar gambarnya bagus 


Spoiler for Alat Ketiga

Mic
Mic sangat dibutuhkan buat ngebikin video dubbing, tapi buat para pengguna laptop gausah khawatir karena di laptop biasanya udah ada sound recorder jadi enggak usah make mic


OKE GAN..

KARENA SELURUH TOOLS YANG DIBUTUHKAN SUDAH LENGKAP
KITA MULAI TEKNIK MEMBUATNYA


TEKNIK MENGAMBIL VIDEO
  1. Pastikan dulu settingan handycam/kamera udah bener, cek tanggalnya, formatnya, dan kualitas videonya (biar kalo videonya masuk TV kagak dibilang video amatir )
  2. usahakan tangan dilatih buat kagak goyang selama berjam-jam, kalo tangan agan kagak bisa diem, ada alternatif, pake tripod.
  3. [Paling Penting] Pastikan di dalem Kamera/Handycam udah ada CD atau Memory Cardnya, karena kalo kagak ada videonya kagak bakal ke rekam
  4. kalo agan ingin berpergian jauh dan gamau kenang-kenangan agan terhenti karena tidak cukup memori usahakan bawa banyak CD atau alternatifnya gunakan CD RW, untuk yang memakai memory card, bawa yang gede sekalian, misalnya yang 16 GB 
  5. satu lagi yang enggak kalah penting bagi agan-agan pengguna handycam CD, kalo mau megang CDnya pegang bolongan yang ditengahnya, jangan kayak megang piring.

JENIS-JENIS VIDEO DAN CONTOHNYA
Kita masuk ke tahap pembuatan video, menurut alam ane, video dibagi menjadi 4 jenis, diantaranya:
  • Official Video (Video Resmi), yaitu video yang resmi bisa juga disebut video tugas karena biasanya video yang ditugaskan oleh guru/dosen contoh-contohnya adalah Video Wawancara, Video Dokumentasi, dan Video Pengamatan.
  • Dubbing Video, yaitu video yang suaranya diperankan/diganti dengan suara agan sendiri. bisa juga video yang di rebuild (dibuat ulang) lalu ditambahkan dengan lagu-lagu contoh Dubbing Professional adalah Spongebob Squarepants, Avatar The Legend of Aang, Upin & Ipin. kalo contoh yang Tidak Professional adalah video spongebob andai aku jadi gayus tambunan yang agan tonton diatas.
  • Lyric Movie, yaitu sebuah lagu, yang agan kasih lirik dan agan kasih slideshow
  • Story Movie, ini sejenis FTV/Sinetron/Apalah, yang pasti butuh energi ekstra untuk membuat video jenis ini.

TIPS-TIPS PEMBUATAN
Official Movie
  1. Pastikan Sesuai Dengan Kriteria & Tema yang diberikan oleh Guru/Dosen agan.
  2. Semenarik Mungkin Membuat Filmnya. Maksudnya, Jangan Ngebosenin. Misalkan, Kalo disuruh Wawancara Nada Suaranya jangan Rata sama semua. Bikin Sedikit Menarik atau dikasih Gambar-Gambar Selingan atau apalah. Kalo Disuruh Bikin Cerita/Dokumentasi semenarik mungkin bikin naskahnya, ceritanya harus unik.
  3. Jika dibuat dalam bentuk CD/DVD usahakan dikemas semenarik mungkin (jangan cuma blank). Kasih Cover yang tentunya juga harus menarik.

Dubbing Movie
  1. Naskahnya alias Jalan Ceritanya yang Bagus + Lucu.
  2. Adegan Jangan Banyak di Ulang-Ulang/dicopy paste yang itu itu terus.
  3. Mimik Mulut usahakan se-pas mungkin dengan Suara.
  4. Nada Harus Pas. (Jangan Suara Cowok Jantan, tapi Karakternya Tante-Tante). tapi jika tidak ada dubber yang suaranya seperti yang agan inginkan, cobalah pake program pengubah jenis suara (alah, ane lupa namanya apa )

Nih dia contoh dubbing yang gagal karena adegannya di ulang-ulang terus:


Lyric Movie
  1. Lirik dan Lagu Harus Pas (Bener-Bener Pas!).
  2. Slideshow jangan Ngaco (misal: Lagunya Tentang Perang, Fotonya tentang orang lagi Sunat).
  3. Jangan Sampe Salah Ngasih Judul! (misal: Judul aslinya The Internationale jadi The Aya Aya Wae).
  4. Foto dikasih Slow-Motion. Jadi Seolah-olah Fotonya Bergerak/Mendekati Kita (efek slow motion ada di Corel Video Studio Family dan Pinnacle Family, buat Adobe Premiere blom ane cek keberadaannya)

Nih contoh Lyric movie yang amat gagal bahkan bisa ngajak ribut antar negara , bisa agan liat sendiri lah salahnya dimana, ini Lagu Kebangsaan Kanada, Oh Canada:


Quote:
Originally Posted by Khaasha View Post
canada kok pakek bendera ada amerika...?????
Agan Hebat 

Story Movie
  1. Yang Pertama dan yang Harus Ane Ingetin Berkali-kali adalah... Jalan Cerita harus menarik, Mudah di Mengerti, Masuk Akal, dan Ga Jayus. (Misal: Pada Pukul 09.00 Rumah si tokoh terbakar, tapi jam 12.00 dia pulang ke rumahnya) Gimana Bisa? Ga Masuk akal kan?
  2. Jika Story Movie itu Hanya Sebuah Cerita yang ingin divideokan (seperti video dubbing), gunakan beberapa video yang sesuai dengan jalan cerita. Video bisa dicari di youtube, dll.
  3. Jika ada Teks/Subtitle/Caption. Jangan Kecil-Kecil Nulisnya.
  4. Background Song/Backsong/Background Music, udah yang enak ngomongnya Backsong aja ya, harus sesuai dengan tema. (Misal: Temanya Bayi Baru Lahir pake Backsongnya Lagu Pemakaman Mayat)

nih juga contoh video yang bagus by aaminudin 


OKE GAN, SEKIAN TRIK DARI ANE

sumber : kaskus


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 comments: