Mau cerita lebih seru lagi dari kaskus masukan email anda disini:

10 Megaproyek Jakarta yang akan Dibangun

Wednesday, July 3, 2013
ane mau jelasin tentang 10 megaproyek Jakarta yang akan dibangun dalam waktu dekat ini. Seperti monorel yang sedang heboh-hebohnya, hingga deep tunnel atau terowongan multifungsi yang baru-baru ini diusulkan.

10 Megaproyek Jakarta yang akan Dibangun

Quote:
Quote:Monorel
Spoilerfor pict:


Monorail Jakarta adalah sistem Mass Transit berbentuk kereta rel tunggal (monorail) yang sedang dalam tahap pembangunan di Jakarta. Beroperasi di area-area paling strategis di Jakarta, monorail akan terbagi menjadi dua jalur: Green Line (Casablanca-Rasuna Said) dan Blue Line (Kampung Melayu-Tanah Abang). Secara profesional, Jakarta Monorail bertujuan untuk menghadirkan monorail sebagai layanan transportasi umum yang aman, nyaman, efisien, sekaligus ramah lingkungan bagi warga Jakarta.

Proyek ini mangkrak karena persoalan finansial, padahal kontruksinya telah dimulai pada Juni 2004. Penandatanganan MoU dilaksanakan Sabtu kemarin (29/6) yang disaksikan oleh Gubernur Joko Widodo dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa di konsorsium proyek Jakarta Monorail di balai kota Jakarta.

Proyek ini direncanakan dimulai tahun ini dan selesai 3 tahun kedepan atau pada 2017.

Biaya : Rp 8 Triliun


Quote:
Quote:MRT (Mass Rapid Transit)
Spoilerfor pict:



Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ±23.8 km dan Koridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih ±87 km.

Untuk membangun konstruksi jalur kereta tersebut dilakukan melalui dana dari pemerintah provinsi dengan bantuan pinjaman dari JICA. Setelah konstruksi dibangun, maka pemerintah akan membuka tender operasional kepada pihak swasta untuk pengoperasian proyek tersebut.

MRT merupakan transportasi berbasis rel yang paling memungkinkan dilakukan di Jakarta. Proyek pertama ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016. Adapun tahap kedua akan melanjutkan jalur selatan-ytara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1 kilometer yang ditargetkan beroperasi 2018.

Biaya : Rp 17 Triliun


Quote:
Quote:Deep Tunel
Spoilerfor pict:


Proyek besar deep tunnel yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dinilai dapat membebaskan beberapa daerah di Jakarta, seperti Kampung Pulo dan Bukit Duri. Pernyataan ini diungkapkan oleh Pengamat Perkotaan, Yayat Supriyatna, yang dihubungi via telepon, Kamis (28/12). Yayat mengatakan konsep deep tunnel dari MT Haryono - Pluit adalah ide lama sejak kepemimpinan Gubernur Sutiyoso dan Fauzi Bowo.

Deep tunnel adalah terowongan multifungsi, selain sebagai pembuangan air saat meluap, bisa juga digunakan sebagai jalan raya. "Terowongan bisa berfungsi sebagai jalan raya dan pembuangan air saat meluap," jelasnya. Namun, deep tunnel ini sangat riskan dengan sampah yang mengalir dari Sungai Ciliwung, begitu pula terhadap endapan yang bisa terjadi.

Berikut asumsi-asumsi yang bisa kita gunakan.

1. Mengacu pada asumsi jumlah air yang jatuh di wilayah DKI jakarta pada tanggal 17 Januari 2013, maka jumlah air yang jatuh pada satu hari itu sebesar 60 juta m3, atau rata-rata setiap jam nya 2,5 juta m3 (sumber.: watsanindo)
2. Deep/Smart Tunnel ini akan dibentangkan dari Cawang di timur Jakarta, menuju Pluit di utara Jakarta mengikuti jalan utama MT Haryono-Gatot Subroto sepanjang kurang lebih 19 km (sumber : merdeka.com).
3. Diameter Deep Tunnel direncanankan 16 m, sumber : kompas.com (catatan : diameter Deep Tunnel KL, Malaysia adalah 13.2 m [sumber : roadtraffic-tecnology.com] )

Biaya : Rp 16 Triliun


Quote:
Quote:Stadion BMW
Spoilerfor pict:



Stadion Taman BMW (Taman Bersih Manusia dan berWibawa) merupakan kandang masa depan klub elit sepakbola Indonesia, yaitu Persija Jakarta. Yang mana stadion ini akan menjadi salah satu stadion sepakbola modern terbaik di Asia. Dapat di bayangkan apabila stadion ini selesai sesuai perencanaan yang telah ada, stadion ini bakal menjadi Allianz Arena nya Indonesia ataupun menyerupai Emirates Stadium yang ada di Inggris.

Stadion 'Kandang Persija' akan didirikan di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara, mulai tahun 2013. Stadion yang menampung 50.000 penonton itu bakal
dilengkapi botani garden hingga danau indah untuk ruang publik.

"Sudah diukur, baru proses sertifikat. Selesai nanti baru akan proses pelaksanaan kira-kira September, Oktober (2013). Jadi sudah nggak ada masalah," ujar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, di Balaikota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2013).

Jokowi mengatakan, pembangunan stadion tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2015. Stadion tersebut juga direncanakan untuk menjadi tempat wisata yang ramah lingkungan.

Biaya : Rp 1 Triliun


Quote:
Quote:Busway Layang
Spoilerfor pict:


Elevated busway (busway layang) Ciledug-Blok M rencananya dibangun tahun 2013. Proyek ini diperkirakan menelan anggaran Rp 1,4 triliun. Pembangunan busway layang menjadi topik hangat yang
dibahas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya dalam rapat pimpinan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2012). Proyek ini ditargetkan rampung tahun 2015.

Pembangunan koridor 13 akan dibangun secara bertahap (multi years). Di awal 2013 akan dilakukan Detail Engenering Desain (DED) selama enam bulan, berlanjut ke meja lelang dan dimulai pembangunan fisiknya. Pembangunan itu terus berlanjut di 2014 sampai triwulan kedua 2015.

Biaya : Rp 1,4 Triliun


Quote:
Quote:Masjid Raya Betawi
Meski pernah jadi rival sengit dalam Pilkada DKI Jakarta, Jokowi dan Nachrowi Ramli kini duduk bersama, membicarakan tentang pelestarian budaya Betawi.

Nachrowi yang menjabat sebagai Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengungkapkan, senjumlah hal dibicarakan dengan Jokowi di Balaikota hari ini. Soal pakaian PNS dan muatan lokal Betawi di sekolah-sekolah.

Juga tentang Masjid Raya Jakarta yang akan dibangun tahun 2013 di Jakarta Barat. "Kami sudah berikan masukan pada Gubernur. Insya Allah, tahun 2015, semoga Pak Gubernur Jokowi sehat, akan meresmikan Masjid Raya Jakarta," kata Nachrowi di Balaikota Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Masjid tersebut tentu saja akan menggunakan ornamen Betawi. "Masjid Raya Jakarta itu luasnya lebih 5 hektar dan mampu menampung 15.000 jamaah," kata pria yang akrab dipanggil Nara itu. "Letaknya di Jakarta Barat, yang jelas Pak Gubernur sudah siapkan lahan."

Sebelumnya Jokowi mengatakan, Masjid Raya Jakarta akan dibangun megah seperti halnya Masjid Istiqlal. Alasannya, Jakarta belum punya masjid raya.

Lahan yang akan digunakan untuk pembangunan masjid raya tersebut telah tersedia di kawasan Kapuk, Jakarta Barat. Dari awal Jokowi wanti-wanti pada arsitek yang mendesain bangunan ibadah itu: harus berkarakter Betawi!

Biaya : Rp 291 Milyar


Quote:
Quote:Menara Jakarta
Spoilerfor pict:


Menara Jakarta adalah sebuah menara baru yang akan dibangun di ibu kota Jakarta, Indonesia, di area Bandar Baru Kemayoran. Rencananya, menara ini akan memiliki tinggi 558 meter.

Menurut Project Manajer Menara Jakarta Dicky Rampengan, pembangunan Menara Jakarta paling maksimal bisa selesai pada tahun 2018, namun pihaknya menargetkan bisa selesai di tahun 2016. Menara Jakarta akan dilanjutkan kembali pengerjaan fisiknya di Februari 2011 setelah proses desain ulang.

Jika Selesai, menara ini akan menjadi menara(bukan bangunan) tertinggi di Asia Tenggara . Sebagai bandingan, menara ini merupakan 4x lipat dari monas.

Biaya : Rp 2,1 Triliun
[/SPOILER]

Quote:
Quote:Pulau Buatan
Spoilerfor pict:


(ilustrasi)
Sampah masih menjadi persoalan besar di DKI Jakarta. Makin terbatasnya tempat pembuangan sampah membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tiga pulau buatan yang akan difungsikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama mengatakan, ketiga pulau tersebut masing-masing akan memiliki luas 500 hektare. Salah satu di antaranya, kata Basuki, akan dijadikan sebagai tempat pengolahan sampah yang diubah menjadi sumber energi.

Biaya : Rp 5 Triliun


Quote:
Quote:Giant Sea Wall
Spoilerfor pict:


Giant sea wall adalah sebuah tanggul laut raksasa yang membentengi Teluk Jakarta. Proyek dengan panjang 30 kilometer dan bernilai di atas Rp 200 triliun tersebut dirancang untuk mengatasi banjir akibat kenaikan permukaan air laut, membersihkan air sungai sebelum ke laut, dan reklamasi pantai.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan bendungan raksasa (giant sea wall) di utara laut Jakarta akan dimulai tahun 2014. Pembangunan proyek pencegah banjir rob atau air laut dan penurunan tanah di utara Jakarta ini akan dipercepat dari rencana awalnya di 2020.

Biaya : Rp 280 Triliun


Quote:
Quote:Kanal Banjir Timur
Spoilerfor pict:



Kanal Banjir Timur (KBT) dibangun untuk mengatasi banjir akibat hujan lokal dan aliran dari hulu di Jakarta bagian timur. Dengan pembangunan Kanal Banjir Timur diharapkan mengurangi ancaman banjir di 13 kawasan, dari industri hingga pergudangan.

KBT dibangun untuk menampung aliran Kali Ciliwung, Kali Cililitan, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat dan Kali Cakung. Kanal tersebut sekaligus juga sebagai prasarana konservasi air. Adapun luas proyek
ini 207 km atau 20.700 hektar. Rancangannya sudah ada sejak 1973. Berdasarkan rencana induk "Master Plan for Drainage and Flood Control of Jakarta", pengendalian banjir Jakarta akan bertumpu pada dua terusan yang melingkari sebagian besar wilayah kota. Terusan ini yang kemudian bernama Kanal Banjir Barat (telah dibangun pada 1992) dan Kanal Banjir Timur. Kini, KBT sudah dibangun meski sempat mangkrak karena terkendala pembebasan lahan.

Biaya : Rp 4,9 Triliun


Nah, gimana respon nya gan? Pak Jokowi dan Pak Ahok emang berniat merubah Jakarta gan, semua proyek-proyek yang mangkrak segera dilanjutin. Ane yakin di tahun 2020, muka Jakarta pasti berubah gan. Banjir ilang, macet tuntas, lingkungan kumuh gak ada lagi, dan bersih dari sampah.

Tambahan dari agan:
[QUOTE=InderaC;51cfef7948ba543440000002]Permisi gan, cuma mau ngasih ide aja, semoga dibaca sama orang penting(taro pejwan kalo berkenan gan}
Kalo menurut ane, mending Monorail itu di bangun di pinggir kota aja, nyambungin jalur MRT yang dari tengah kota, jadi lebih efisien. Misalkan :Agan tinggal di Duren Sawit,Jakarta Timur,itu daerah perumahan,agan mau ke kantor di daerah Bundaran HI (anggep aja ada) nah agan naik Monorel ke Kuningan (anggep aja ada), terus dilanjutin MRT ke Bundaran HI.
Itu akan lebih efisien dan mungkin bisa bikin ga desek desekan,atau malah bikin kereta nya kosong. Misalkan kalo MRT sampe pinggir kota yang banyak perumahan, dengan daya tampung MRT yang jauh lebih banyak dari Monorel tentu saja itu pemborosan,soalnya daya tampung MRT yang bisa sampe ratusan orang, kalo Monorail kan daya tampung nya ga sampe 150 orang.Hasilnya lebih efisien.



Total Biaya : Rp 336 Triliun

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger